Senin, 11 Maret 2019

Praktikum Tumbuhan Air

Identifikasi Jenis Tumbuhan Air di Pulau Panjang Pasaman Barat



1.1Latar Belakang

Kabupaten Pasaman Barat terletak antara 0033' Lintang Utara (LU) sampai dengan 0011' Lintang Selatan (LS), dan antara 99010' sampai 100004' Bujur Timur (BT), mempunyai luas daerah daratan± 3.887,77 km2atau 9,29 % dari luas wilayah Provinsi Sumatera Barat, dan luas perairan (laut) ± 800,47 km2dengan panjang garis pantai wilayah daratan ±152 km.Perairan laut Kabupaten Pasaman Barat memiliki 7 pulau yang berada di Aia Bangih, Kecamatan Sungai Beremas(RKPD Pasaman Barat, 2015).
Secara administratif,wilayah Kabupaten Pasaman Barat berbatasan sebelah Utara dengan Kabupaten Mandahiling Natal Provinsi Sumatera Utara, sebelah Selatan dengan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, sebelah Barat dengan Samudera Hindia dan sebelah Timur dengan Kecamatan Tigo Nagari dan Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.KabupatenPasaman Barat terdiri dari 11 (sebelas) kecamatan, 19 Nagari dan 212 Jorong, dimana kecamatan dengan wilayah terluas adalah Kecamatan Pasaman dengan luas 508,93km2(13,09 %). Sedangkan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie merupakan daerah dengan wilayah terkecil dengan luas±123.71 km2(3.18 %). Tabel 2.1. menjelaskan rincian luas daerah Kabupaten Pasaman Barat menurut Kecamatan. RKPD Pasaman Barat, 2015).
Jumlah penduduk di Kabupaten Pasaman Barat pada Tahun 2012 adalah 376.548 jiwa dengan komposisi 189.750 jiwa laki-laki dan 186.798 jiwa perempuan.Penduduk tersebut tersebar pada 11 (sebelas) kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat. Jika dilihat dari distribusi penduduk per kecamatan, jumlah penduduk terbesar berdomisili di Kecamatan Pasaman yakni 65.056 jiwa. Diikuti oleh Kecamatan Kinali dengan jumlah penduduk 62.881 Jiwa dan Kecamatan Lembah Melintang 43.223 jiwa. Sedangkan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dengan jumlah penduduk 13.554 jiwa merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling sedikit di Kabupaten Pasaman Barat RKPD Pasaman Barat, 2015). Di Air Bangis  9 pulau yang besar, namun hanya yang satu yang mempunyai perkampungan yaitu Pulau Panjang.
Tumbuhan air adalah tumbuhan yang sebagian atau seluruh daur hidupnya berada di air, mempunyai peranan sebagai produsen primer di perairan yang merupakan sumber makanan bagi konsumen primer atau biofag (antara lain ikan). Di samping itu tumbuhan air juga membantu aerasi perairan melalui fotosintesis, mengatur aliran air, membersihkan aliran yang tercemar melalui proses sedimentasi, serta penyerapan partikel dan mineral. Tumbuhan air merupakan tempat pemijahan ikan, serangga, dan hewan lainnya. Beberapa jenis tumbuhan air juga memberikan sumber makanan langsung untuk manusia seperti kangkung (Ipomoea aquatica). Tumbuhan air seperti ilung (Eicchornia crassipes), purun tikus (Eleochiris dulcis), kumpai minyak (Panicum sp.), dan rumpiang (Pandanus sp.), bento (Leersia hexandra), ganggeng (Hydrilla verticillata), jungkal (Hanguana malayana), kangkung (Ipomoea aquatica), kumpai bulu (Paspalum sp.) merupakan tempat pemijahan ikan pada musim penghujan (Utomo et al., 2001).

1.2         Tujuan Dan Manfaat Pratikum

            Tujuan dari pratikum tumbuhan air untuk mengenal jenis tumbuhan air yang ada di sekitar pesisir pulau panjang.
            Manfaat dari praktikum tumbuhan air adalah sebagai bahan dan refrensi dalam melakukan penelitian dan observasi untuk keperluan komersil.

Untuk Dokumen Full nya sile di klik Download

0 Komentar:

Posting Komentar

 
biz.