Senin, 11 Maret 2019

Biologi Perikanan ; Seksualitas Ikan

Seksualitas Ikan dan Tingkat Kematangan Gonad


1.1         Latar Belakang

Biologi perikanan adalah suatu ilmu pengetehuan yang mempelajari keadaan ikan yaitu sejak individu ikan tersebut menetas (hadir ke alam) kemudian makan, tumbuh, bermain, bereproduksi, dan akhirnya mengalami kematian secara alami atau oleh karena factor lain. Pengetahuan itu akan menguraikan tentang aspek – aspek biologi individu dari spesies ikan. Sehingga pengetahuan biologi perikanan ini merupakan pengetahuan dasar ketika mendalami pengetahuan dinamika populasi ikan, pengembngan spesies ikan untk dikelola menjadi ikan budidaya dan upaya pelestarian spesies ikan yang akan mengalami kepunahan di perairan alaminya. (Pulungan, 2010)
Ikan adalah binatang bertulang belakang (vertebrata) yang berdarah dingin (poikilothermal), hidup dalam air, gerakan dan keseimbangan badannya terutama menggunakan sirip, dan umumnya bernapas dengan insang. Sebagian besar ikan hidup di perairan laut sedangkan sebagiannya di perairan darat (Tim Iktiologi, 2001).
Sedangkan menurut   Rahardjo (2000), ikan adalah makhluk vertebrata yang berdarah dingin, bernapas dengan insang dan bergerak dengan sirip, yang hidup di perairan.
Penampakan ciri seksual ikan berdasarkan ciri seksual sekunder bisa bersifat permanen atau bisa bersifat sementara yang terlihat pada waktu pemijahan. Penampakan ciri seksual sekunder dapat berupa ciri seksual dimorphisme yaitu dengan memperhatikan organ-organ pelengkap tubuh atau dengan melihat ciri seksual dichromatisme yaitu dengan melihat perbedaan warna
pada tubuh maupun sisik (Effendie, 2002).
Perkembangan gonad pada ikan menjadi perhatian para peneliti reproduksi dimana peninjauan perkembangan tadi dilakukan dari berbagai aspek termasuk proses-proses yang terjadi didalam gonad baik terhadap individu maupun populasi. Perkembangna gonad semakin matang merupakan bagian dari reproduksi ikan sebelum terjadi pemijahan, selama itu sebagian terbesar hasil metabolisme tertuju pada perkembangna gonad. Dalam telur terdapat proses yang dinamakan vitellogenesis yaitu terjadinya pengendapan kuning telur pada tiap-tiap individu telur (Effendie, 2002).

1.2          Tujuan Dan Manfaat Pratikum

            Tujuan dari pratikum seksualitas ikan dan tingkat kematangan gonad ini adalah untuk mengetahui ciri – ciri seksualitas ikan baik secara primer maupun secara sekunder yang dapat dilihat dari morfologi tubuh dan warna tubuh ikan, kemudian untuk mengetahui tingkat kematangan gonad menurut CASSEI (dalam Effendie 1979).

Untuk Dokumen Lengkapnya Sile Klik Download
Daftar Pustaka cari sendiri ya dek, mari budayakan tertib literasi.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
biz.