Selasa, 14 November 2017

Laporan Ekologi Perairan (Benthos)


1.1    Latar  Belakang
         Dimulainya semester 2 tahun angkatan 2013,  maka dimulainya salah satu mata kuiah wajib di fakultas perikanan dan ilmu kelautan yaitu Ekologi Perairan beserta mata kuliah praktikumnya.
      Pada bagian pertama praktikum Ekologi Perairan yang ke-3 membahas tentang “Benthos”. Praktikum tentang  benthos ini dilakukan untuk memahami beberapa jenis benthos yang terdapat dalam air. Selain itu, untuk memperkaya wawasan tentang benthos sebagai organisme yang hidup di dasar perairan atau di dalam perairan.
1.2    Tujuan & Manfaat
     Diadakannya kegiatan praktikum ini didasarkan atas proses pembelajaran wajib mahasiswa di fakultas perikanan dan ilmu kelautan di Universitas Riau. Manfaat dari kegiatan ini dapat memberi pengalaman dan ilmu bagi mahasiswa.


II.      TINJAUAN PUSTAKA
Berdasarkan atas habitatnya, ekosistem dibedakan menjadi ekosistem darat (terrestrial) dan ekosistem perairan (akuatik). Di dalam suatu ekosistem perairan, kita dapat menganal komponen-komponennya berdasarkan cara hidupnya yaitu, bentos, perifiton, plankton, nekton, dan neuston. Salah satu komponen yang memiliki variasi organisme cukup banyak dalam suatu perairan adalah bentos (Umar, 2012).
             Kualitas suatu perairan sangat berpengaruh terhadap kemampuan produktifitas fitoplankton, penurunan kualitas perairan akan mnyebabkan penurunan kelimpahan fitoplankton yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kelayakan suatu perairan untuk kegiatan perikanan (Emilawati, 2001).
         Bentos adalah semua organisme air yang hidupnya terdapat pada substrat dasar suatu perairan, baik yang bersifat sesil (melekat) maupun vagil (bergerak bebas). Berdasarkan tempat hidupnya, bentos dapat dibedakan menjadi epifauna yaitu bentos yang hidupnya di atas substrat dasar perairan dan infauna,yaitu bentos yang hidupnya tertanam di dalam substrat dasar perairan. Berdasarkan siklus hidupnya bentos dapat dibagi menjadi holobentos, yaitu kelompok bentos yang seluruh hidupnya bersifat bentos dan merobentos, yaitu kelompok bentos yang hanya bersifat bentos pada fase-fase tertentu dari siklus hidupnya (Barus, 2004).

Untuk Dokumen Full nya sile klik Download

1 Komentar:

 
biz.